PEKANBARU – Kepolisian dari Ditreskrimsus Polda Riau mengamankan pelaku pencurian uang nasabah Bank BJB Cabang Pekanbaru, Riau.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan, aksi tak terpuji ini dilakukan IOG bersama tellernya dengan modus menirukan tanda tangan nasabah bernama AB. Keduanya melakukan penarikan uang secara berkala tanpa sepengetahuan nasabah.

“Tersangka IOG sebagai manajer kala itu bersama tellernya berinisial TDC. Tersangka meminta teller untuk meniru atau memalsukan tanda tangan nasabah untuk melakukan transaksi penarikan dari rekening giro tanpa verifikasi,” ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto didampingi Dirreskrimsus AKBP Ferry Irawan dan Kasubdit I Kompol Teddy Ardian, Kamis (24/6/2021).

Diketahui, tersangka mantan manager Bank BJB berinisial IOG diketahui menarik uang nasabah hingga Rp3.2 miliar sejak tahun 2016-2018.

Kasubdit I Dirreskrimsus Polda Riau Kompol Teddy Ardian menambahkan tersangka dan korban memiliki hubungan kedekatan satu sama lain. Namun kedekatan ini dimanfaatkan lain oleh tersangka untuk menguras rekening korban.

“Korban adalah debitur kredit modal kerja. Korban dan tersangka memiliki hubungan kedekatan pribadi sehingga terjadi pemanfaatan kedekatan tersebut,” jelasnya.

Adapun penahanan hanya terhadap IOG, sedangkan TDC saat ini masih bekerja di bank tersebut.

“Penyidik melakukan penahanan terhadap IOG karena sudah tidak bekerja lagi di Bank BJB dan tidak berdomisili di Pekanbaru. Sehingga perlu diamankan untuk memudahkan proses penyidikan. Sedangkan  TDC masih bekerja di Bank BJB dan seorang ibu memiliki anak kecil serta kooperatif dalam penyidikan,” imbuhnya.

Terhadap tersangka dijerat pasal 49 ayat 1 UU RI atas UU RI nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. Serta pasal 49 ayat 2 UU RI Nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan atas UU RI nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan dengan ancaman maksimal 8 tahun penjara.***sumber : rri.co. id

By DETIKINDONESIAN.COM

Sumber Informasi Terpercaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Mencari Refrensi informasi atau berita yang aktual terpercaya

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com