Belum Layak Beroperasi, PT. Inti Indosawit Di Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan Nekat Beroperasi

 

 

PELALAWAN –  PT Inti Indosawit (IIS) di Desa Dusun Tua Kecamatan Pangkalan Lesung nekat beroperasi, Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) ini dinilai belum layak beroperasi.

 

Hal ini terkuak saat Inspeksi Mendadak (Sidak) Ketua DPRD Pelalawan Baharudin, Rabu (23/6/2021) ke lokasi. Dari Sidak tersebut dijumpai beberapa kejanggalan.

 

Kolam-kolam penampungan limbah ditengarai tidak memenuhi standar operasional. Terlebih lagi, di lapangan ditemukan sejumlah alat berat masih bekerja.

 

Tidak ditemukan alat pengolahan limbah, sebagai alat penetralisir zat-zat kimia. Alat pengolahan semestinya harus ada, baik di kolam satu atau kolam dua, seterusnya dialirkan ke kolam-kolam berikutnya.

 

Di sisi lain, kolam-kolam penampungan rawan meluap. Apalagi, ia hanya dikemburi tanah-tanah jenis pasir, sehingga daya tahan ditengarai tidak kuat dari gempuran air.

 

Ketua DPRD Pelalawan Baharudin mengaku geram atas beroperasinya PMKS PT IIS di Desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung. “Iya kita mengaku kesal, setelah meninjau langsung ke lapangan, belum layak tapi dipaksakan beroperasi,” tegasnya.

 

Kunjungan dia ke lapangan atas banyak pengaduan masyarakat setempat yang merasa resah beroperasinya PMKS PT IIS. “Kita ke lokasi atas banyak pengaduan masyarakat yang resah dengan beroperasinya PT IIS ini,” papar Baharudin.

Hal yang membuat Ketua DPRD Pelalawan Baharudin lebih geram adalah ketika ia meminta manajer PT IIS untuk menunjukkan perizinan dan ia tidak bisa menunjukkannya. “Senin besok kita panggil ke kantor dan menunjukkan beragam macam perizinan,” tandasnya.***

 

 

 

 

 

 

 

 

Hery Ferdian | 0812 6795 5454

 

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Sumber Informasi Terpercaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Mencari Refrensi informasi atau berita yang aktual terpercaya

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com