PEKANBARU – Riau The Homeland of Melayu dinobatkan meraih penghargaan juara 1 nasional, pada ajang Anugerah Pariwisata Indonesia (API) V 2020 dengan kategori Brand Pariwisata Terpopuler.

 

Penghargaan itu diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (20/5/2021) malam.

 

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan kepada pihak panitia API yang telah memberikan penghargaan pariwisata kepada Riau.

 

“Alhamdulillah, kita mendapatkan beberapa penghargaan dari API. Tagline Riau the Homeland of Melayu adalah branding dan strategi untuk mengkampanyekan dan mempromosikan pariwisata Riau. Insya Allah ini akan kita pertahankan terus dan akan kita tingkatkan lagi,” ujar Roni, Sabtu (22/5/2021) melalui keterangan resmi.

 

Terpilihnya Riau The Homeland of Malayu menjadi juara 1 Brand Wisata Terpopuler berdasarkan proses pemilihan yang dilakukan dengan cara memberikan suara (voting). Bersaing dengan dua brand lainya yaitu Ambon City of Music dan Treasure of Sumatera dari Provinsi Lampung. Pemilihannya dilakukan melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube), berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

 

Pemprov Riau menetapkan Riau The Homeland of Melayu sebagai brand  pariwisata yang mecakup unsur wisata dan budaya. Juga sebagai salah satu alat atau perantara bagi masyarakat agar dapat kenal dengan sebuah destinasi pariwisata. Dengan tujuan akhir meningkatkan daya saing pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat Riau.

Sebagai informasi, Logo  Riau The Homeland of Melayu dipilih dan ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau pada tahun 2015 lalu. Tepatnya bersempena dengan perhelatan Hari Jadi Provinsi Riau ke 58. Kemudian, pada tahun 2018, sertifikat merek untuk logo itu telah juga ditetapkan oleh Kementerian Hukum & HAM RI dengan nomor sertifikat IDM000625104.

 

Riau The Homeland of Melayu juga telah diatur melalui peraturan Gubernur (Pergub) Riau nomor 44 tahun 2018, tanggal 8 Agustus 2018 tentang logo Riau Tanah Tumpah Darah Melayu dan Riau Menyapa Dunia.

 

Dalam Pergub itu dijelaskan bahwa pemakaian dan penggunaan logo tersebut merupakan salah satu bentuk sarana pencitraan daerah yang mencirikan karakter budaya melayu sebagai asas promosi daerah yang berperan aktif dalam kegiatan pemerintah Provinsi Riau terutama terkait dengan kepariwisataan.***

 

 

 

Editor : Hery

By DETIKINDONESIAN.COM

Sumber Informasi Terpercaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Mencari Refrensi informasi atau berita yang aktual terpercaya

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com