detikindonesian.com

Penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik.

Polisi Bersama Jajaran KPU dan Bawaslu Periksa 25 TPS di Rohul

 

DETIKINDONESIAN.COM | ROHUL – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan digelar 21 April 2021 mendatang. Pihak Polres Rohul bersama KPU dan Bawaslu Rohul memeriksa  kesiapan TPS jelang pelaksanaan PSU di 25 TPS.

Lokasi 25 TPS itu berada di Kawasan PT Torganda, Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara. Pemeriksaan kesiapan TPS tersebut juga dihadiri LO dari 3 pasangan calon.

Pemeriksaan TPS ini dihadiri Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri, Ketua Bawaslu Rokan Hulu Fajrul Islami Damsir, Pabung Kodim 313 KPR Kapten Yuhardi, Kabag Ops Polres Rohul Kompol Jhon Firdaus.

Adapun TPS yang diperiksa yaitu TPS 32 yang berada di kantor Kantor Besar Perkebunan Rantau Kasai, TPS 27 yang berada di Afdeling IX Rantau Kasai, TPS 29, halaman Kantor Afdeling XI Rantau Kasai. TPS 13, Teras Kantin SD Yadika Afdeling III Batang Kumu I.

Selanjutnya, TPS 19, Aula Penitipan Anak Afdeling VII Batang Kumu I, TPS 20, Aula Penitipan Anak Afdeling X Batang Kumu I dan terakhir TPS 15, Tribun Lapangan Bola Kaki Kantor Besar Batang Kumu I.

Dalam tinjauan tersebut, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH memastikan seluruh lokasi TPS sudah sesuai dengan data yang ada.

“Kita melibatkan semua unsur untuk mengecek lokasi TPS PSU ini sehingga tidak ada lagi permasalahan,” cakap Kapolres Taufik.

Setelah memastikan lokasi TPS, Kepolisian akan berkonsentrasi untuk melakukan upaya pengamanan pendistribusian logistik yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada 21 April dini hari.

https://i0.wp.com/detikindonesian.com/wp-content/uploads/2021/01/cropped-IMG_20210109_124850_20210112162137437.jpg?resize=640%2C360

“Hari Senin kita akan laksanakan pergeseran pasukan dari Makopolres ke Polsek Tambusai Utara. Sementara untuk pengamanan 7 persenel kepolisian ditempatkan di masing-masing TPS,” ujarnya.

Ketua KPU Rohul Elfendri menjelaskan, 25 TPS yang akan melaksanakan PSU berada di 4 wilayah perkebunan PT Torganda dan 1 areal perbengkalan. Kebun Karya Perdana menjadi kebuh terjauh dimana disana ada 3 TPS dengan jarak antar TPS yang juga berjauhan.

Areal Perkebunan lain yang masuk dalam wilayah PSU adalah Wilayah Perkebunan Torganda Rantau Kasai. Di Areal Perkebunan Rantau Kasai terdapat 7 TPS dimana  5 TPS berdekatan dan 2 TPS terpisah agak jauh.

Wilayah perkebunan lain yang masuk dalam wilayah PSU adalah Areal Perkebunan PT Torganda Batang Kumu I dimana di daerah tersebut terdapat 10 TPS. Sementara TPS terjauh adalah 5 TPS di Batang Kumu 2 dimana untuk sampai ke wilayah perkebunan dibutuhkan waktu 2,5 jam.

“Titik-titik penempatan TPS sudah clear dan siap digunakan. Titik-titik TPS tersebut memanfaatkan fasilitas umum seperti sarana Olahraga, tempat penitipan anak dan fasum lainya,” jelas Elfendri.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami menyatakan, sejauh ini untuk persiapan pelaksanaan PSU masih berjalan sesuai tahapan yang sudah ditetapkan KPU.  Saat ini Bawaslu fokus melakukan pengawasan pendistribusian C-Pemberitahuan kepada pemilih sehingga tepat sasaran dan disalurkan kepada yang berhak menerima.***Hery Ferdian

 

 

 

 

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com