April 12, 2021

DETIKINDONESIAN.COM

Berita Update Dan Terpercaya

Razia Gabungan Di Lapas Pekanbaru, Kakanwil Kemenkumham Riau Dan Kalapas Turun Tangan Geledah Blok Lapas Pekanbaru

Razia Gabungan Di Lapas Pekanbaru, Kakanwil Kemenkumham Riau Dan Kalapas Turun Tangan Geledah Blok Lapas Pekanbaru

PEKANBARU – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Herry, melakukan penggeledahan blok hunian dan badan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pekanbaru pada Selasa Malam(06/04/2021).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini dilakukan sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan No. PAS.2-PK.02.10.02-143 tanggal 02 April 2021 tentang razia serentak dalam rangka rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 Tahun 2021. Serta untuk mendukung program Dirjenpas tentang Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi Dini Keamanan dan Ketertiban, Memberantas Narkoba, dan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, PUJO HARINTO, Bc.I.P., S.Sos., M.Si

Dalam aksi tersebut Tim menyita puluhan barang terlarang milik WBP. Sedikitnya ditemukan 4 ponsel, 3 charger,earphone, sendok besi, sejumlah gunting, gulungan kabel, dan palu ditemukan petugas.

Pengeledahan ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Pujo Harinto beserta jajaran Divisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Herry Suhasmin, Kepolisian Polsek Bukit Raya,dan petugas pengamanan lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Dalam Kegiatan ini, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, PUJO HARINTO, Bc.I.P., S.Sos., M.Si. juga mengingatkan seluruh petugas untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kenakan rompi Satopspatnal yang telah disediakan sebagai perlindungan diri dan tetap memakai masker, serta cuci tangan saat sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan,” tegasnya.

Herry Suhasmin Kalapas Pekanbaru mengungkapkan bahwa Lapas Pekanbaru konsisten laksanakan razia. Salah satu upaya membersihkan blok hunian WBP dari barang-barang yang tidak seharusnya berada di dalam hunian adalah dengan melaksanakan razia rutin. Dalam hal ini, seluruh tim dikerahkan guna menelusuri tiap sudut blok hunian.

Razia juga sebagai bentuk pembuktian guna menangkis berita negatif di masyarakat luar bahwa pemakaian HP di dalam blok hunian Lapas seolah-olah diperbolehkan. Kita tidak pernah memperbolehkan dan membiarkan pemakaian HP oleh WBP,” ungkap Kalapas.

Penggeledahan Blok Hunian oleh Tim Gabungan SATOPSPATNAL Kanwil Riau dan Lapas Kelas IIA Pekanbaru Dan bekerja sama dengan Instansi TNI dan POLRI,(06/04/2021).

Kantor Wilayah Kemenkumham Riau melakukan giat razia gabunggan bersama Tim Satops Patnal Lapas kelas IIA Pekanbaru, Penggeledahan dilaksanakan untuk meminimalisir barang barang yang dilarang berada didalam Lapas kelas IIA Pekanbaru.

Herry juga menambahkan bahwa giat penggeledahan dilaksanakan pada jadwal yang dirahasiakan dan waktu yang tak tentu. “Sewaktu-waktu razia bisa saja dilakukan secara mendadak saat ada laporan pelanggaran diterima, tak kira itu pagi, siang, ataupun malam,” tambahnya.

Penggeledahan kali ini diikuti oleh petugas yang siap siaga menelusuri tiap sudut kamar hunian warga binaan pemasyarakatan Lapas Pekanbaru Imbauan kepada WBP untuk kooperatif dalam penggeledahan juga disampaikan.

Tentunya sebelum melakukan razia, Ka KPLP beserta jajaran terlebih dahulu memberikan pengarahan dan penertiban kepada seluruh warga binaan agar tidak terjadi perlawanan maupun hal hal yang tidak diinginkan.

“Mohon kerja samanya saat petugas melaksanakan penggeledahan. Kegiatan ini dilaksanakan demi kemanan kita bersama. Jika sekiranya ada yang ingin disampaikan, tolong sampaikan dengan baik-baik tanpa menimbulkan keributan,” imbau Kepala KPLP Lapas Kelas llA Pekanbaru, Efendi Purba.

Selain itu KPLP Lapas Kelas llA Pekanbaru, Efendi Purba, juga menghimbau kepada seluruh Warga Binaan dan Petugas untuk selalu mematuhi Protokol kesehatan dalam bertugas dan berinteraksi ditengah kondisi New Normal pandemi Covid-19.***

Dari Pantauan Media Saat Di Lapas Pekanbaru, Razia Gabungan ini berlangsung Selama kurang lebih 2 jam, kegiatan penggeledahan blok hunian Lapas Pekanbaru berlangsung dengan aman dan kondusif. WBP bersikap sangat koorperatif dan selanjutnya barang temuan dikumpulkan untuk kemudian dimusnahkan.***

Liputan : Fery Fadli
Admin : Hery Ferdian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com