detikindonesian.com

Penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik.

Bupati Bima Menghadiri Peresmian Program Pamsimas III Di Desa Wilamaci

DETIKINDONESIAN.COM | NTB_ Bima. Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, SE Resmikan sarana dan prasarana hasil kegiatan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS III) Kabupaten Bima tahun anggaran 2021, yang dipusatkan di Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bila, Senin (11/1/2021).

Bupati Bima meresmikan penggunaan sarana air minum perdesaan (SPAM perdesaan) yang tersebar di 2 Dusun Desa Wilamaci kecamatan Monta.

“Kita wajib bersyukur negara hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat yang kekurangan air, hal ini menunjukkan pemerintah mempunyai kepedulian dan komitmen yang kuat untuk menyediakan akses aman air minum bagi masyarakat. Komitmen tersebut sebagaimana telah dituangkan oleh Pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2021, dimana pemerintah bertekad mewujudkan 100% akses air minum masyarakat pada tahun Selanjudnya,” ucap Bupati Bima saat peresmian Pamsimas.

Lebih lanjut Bupati Bima menyampaikan, dalam pelaksanaan program Pamsimas masyarakat ditempatkan sebagai pelaku utama kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan bahkan pengelolaan sarana pasca kegiatan, sehingga memberikan hasil yang sangat baik. Hal tersebut tentu tidak lepas dari kerja sama atau kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, pemerintah desa, dan masyarakat, serta tak bisa dilupakan peran para pendamping atau fasilitator yang dengan sabar mendampingi masyarakat dalam setiap tahapan kegiatan program Pamsimas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, masyarakat, dan para pendamping atas terlaksananya program Pamsimas III di Kabupaten Bima yang berjalan dengan baik,” tambah Bupati Bima.

Bupati menitipkan pesan kepada pengelola sarana dan masyarakat penggunanya. Pertama, untuk memelihara sarana dan prasarana yang telah terbangun dan menjaga kelestarian sumber mata air yang ada disekitar dengan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. melakukan pengelolaan SPAM (sistem penyediaan air minum) dengan baik, jujur dan professional. Ketiga, menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintahan desa untuk menciptakan sinergi pengelolaan SPAM di desa.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bima, menyampaikan, program Pamsimas di Kabupaten Bima Lebi Khusus Desa Wilamaci Menghabiskan Dana Sebesar 200.000.000 Juta Rupiah. Mampu Meningkatkan Sarana dan prasarana yang dibangun tersebut telah memberikan manfaat bagi 13.960 jiwa.

Ludiansyah, S Ikom Selaku Sekertaris Pamsimas mengatakan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pengawasan, seluruh proses melibatkan masyarakat.

“Ini merupakan tahun Pertama pelaksanaan di Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Meskipun baru tahun ini pelaksanaan program Pamsimas ini sangat diperhitungkan oleh Pelerintah Kabupaten. Ini terbukti di tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bima menjadi pelaksana terbaik Pamsimas se-Kabupaten Bima” ungkapnya.

Kepala Desa Wilamaci, ASRIN JUNAIDIN, Menyampaikan Ucapan Terimah Kasih Banyak Kepada Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, SE Yang Sudah Menghadiri Peresmian Sarana dan Prasarana Melalui Program PAMSIMAS III.”Ujarannya.***

 

 

Reporter : Amir
Editor : Hery

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com