detikindonesian.com

Penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik.

Dalam Waktu Dekat Gedung Baru Nan Megah Polda Riau Akan Segera Diresmikan

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Proyek pembangunan pengerjaan kantor baru Mapolda Riau yang berada di Jalan Patimura, eks kantor Sekolah Polisi Negara (SPN), dipastikan rampung. Tak lama lagi, seluruh personil Polisi akan menempati gendung nan megah itu dalam waktu dekat ini.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menyerahterimakan bangunan tersebut dalam waktu dekat pascarampungnya proses final hand over (FHO).

Gedung baru Mapolda Riau berdiri di atas lahan bangunan eks Sekolah Polisi Negara (SPN) dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau 2018 senilai Rp161.626.000.0000. Proyek itu dikerjakan oleh PT MAM Energindo usai keluar sebagai pemenang lelang dan menyingkirkan 129 perusahaan lainnya.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto saat dikonfirmasi, Jumat (11/12/2020) siang di Pekanbaru, mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar acara peresmian kantor baru Mapolda Riau.

“Rencana tanggal 18 peresmian (kantor Mapolda Riau,red),” ucap Sunarto kepada media.

Sunarto menjelaskan, saat ini seluruh personil telah melakukan pemindahan beberapa barang-barang, dari kantor yang lama ke tempat baru tersebut.

“Iya, mangkanya saat ini berangsur-angsur mulai memindahkan suluruh perlengkapan,” sambung Sunarto.

Gedung baru Mapolda Riau mulai dibangun pada April 2018 lalu yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolda Riau lama Irjen Pol Nandang. Targetnya saat itu akan tuntas dipenghujung tahun 2018.

Pembangunan gedung baru Mapolda Riau telah dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) di APBD 2018 dengan menelan dana sekitar Rp172 miliar dan mendapat dukungan dari DPRD Riau. Serta ditunjang oleh sarana prasarana pendukung.

Gedung baru ini dibangun terdiri dari 6 lantai di atas lahan seluas 6 hektare. Untuk luas bangunannya juga mencapai 22.000 meter yang dikerjakan oleh PT MAM, saat ini belum dapat kabar kapan akan tuntas.

Kemudian, kelebihan gedung baru Mapolda Riau ini sesuai dengan tipe A Polda Riau saat ini. Aplagi ditunjang dengan sarana dan prasaranan seperti adanya heliped dan parkiran yang luas bagi pengunjung atau tamu yang datang.

Untuk pembangunan jalan, di depan Mapolda Riau baru nantinya akan dilebarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak mempersempit pengendara lalu lintas. Sementara di samping bangunan, jalan akan diperlebar.***

Editor : Hery

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com