IZI Riau Gelar Penutupan Program SIGAP di TPQ Al-Khumaier

PEKANBARU – Kondisi pandemi menyebabkan segala aspek kegiatan tidak berjalan sebagaimana mestinya, mulai dari aspek ekonomi hingga pendidikan. hal tersebut yang menjadi salah satu alasan Tim Pendayagunaan IZI Riau mengadakan program yang bernama SIGAP (Sedekah Pendidikan Guru dan Pelajar).

SIGAP merupakan sebuah program yang menjadi wadah bagi anak-anak sekolah untuk dapat melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar. pembelajaran yang dilakukan secara langsung ini dilaksankan di TPQ Al-Khumaier, dan tentunya dengan aturan protokol kesehatan.

“Program ini dibuat karena banyaknya dari anak-anak sekolah yang belajar via daring (online), maka dari itu tempat ini dijadikan sebagai sarana belajar untuk anak-anak sekitar sini” Ujar Ghofur selaku Kabid Pendayagunaan IZI Riau.

Tempat belajar ini berlokasikan dijalan Dwi Utama Raya Sei Mintan Blok B 17, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya. Beberapa fasilitas diberikan berupa laptop dan akses internet Wi-Fi gratis.

“program ini sudah berjalan selama 4 bulan terhitung sejak tanggal 04 Desember 2020 hingga 30 Maret 2021, dan hari ini merupakan penutupan dari program tersebut” tutur Ghofur (Rabu 07/04/2021)

Kegiatan belajar mengajar yang di ikuti oleh 36 siswa SD dan SMP ini dilaksanakan dua sesi yakni pagi dan siang. pengajar yang menjadi guru di TPQ merupakan fasilitator dari IZI Riau.

“kegiatan ini dilaksanan hari Senin sampai Jum’at, dari jam sembilan sampai jam sebelas, sebelum itu mereka belajar mengaji dari jam tujuh sampai jam sembilan” Ungkap Nanda, selaku fasilitator yang menjadi guru di TPQ tersebut.

Fasilitas yang disediakan sangat membantu mereka untuk menjalani proses belajar, “Alhamdulillah, disini juga disediakan internet gratis sehingga mereka bisa mengakses tugas dengan baik yang diberikan dari sekolahnya masing-masing” tambah Nanda.

Keharusan belajar daring tentu akan membutuhkan kuota paket internet yang tidak sedikit. orang tua mereka harus setiap hari membelikan kuota untuk anak nya agar dapat mengakses tugas yang didapatkan dari guru melalui Classroom atau Group Kelas.

 

Siti Khumairoh yang merupakan pemilik dari TPQ tersebut sangat bersyukur, karena dengan program ini ia bisa membantu memberikan manfaat kepada anak-anak disekitar TPQ tersebut “Semoga selalu mengalir terus pahala jariyah kepada seluruh donatur, dan Karyawan IZI yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu” Ucap Siti Khumairoh dengan haru

Para orang tua dari anak-anak yang belajar di TPQ tersebut juga sangat bersyukur, walaupun saat ini tidak belajar disekolah, dengan adanya program ini bisa membantu mereka dalam membuat tugas-tugas sekolah.

“terimakasih kepada IZI Riau yang sudah membuat kegiatan ini, anak saya bisa belajar dengan baik disini bersama teman-temannya yang lain. saya merasa ringan karena tidak perlu membelikan kuota internet lagi, saya berharap kedepannya anak saya dan anak lainnya bisa tetap belajar disini sebelum mereka bisa kembali bersekolah, sekali lagi terimakasih IZI Riau ” Ucap Evi dengan haru yang merupakan ibu dari salah satu murid disana.

Semua Kebutuhan yang diberikan oleh IZI Riau merupakan dana Zakat , Infaq, dan Sedekah yang diberikan oleh para donatur. “Kami selaku Lembaga Zakat merupakan perantara agar tersalurnya ZIS dari para donatur, penutupan program ini bukan akhir dari kegiatan belajar disini, kami berharap kedepannya setelah libur puasa anak-anak disini dapat terus semangat belajar, kami akan bersilahturahmi lagi kesini dan InsyaaAllah akan berusaha memberikan bantuan untuk mendukung agar terlaksananya kegiatan belajar mengajar disini” tutup Ghofur.***

 

 

 

Editor   : Fery Fadli

Admin : Hery | 081267955454

By DETIKINDONESIAN.COM

Sumber Informasi Terpercaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Mencari Refrensi informasi atau berita yang aktual terpercaya

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com