April 12, 2021

DETIKINDONESIAN.COM

Berita Update Dan Terpercaya

Kapolresta Sambangi Kampung Tangguh Nusantara Budidaya Ikan Lele Tanjung Rhu

 

PEKANBARU – Usai melakukan serangkaian kegiatan Kambtibmas di Pasar Lima Puluh, Kaporesta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya., S.I.K. MH bersama rombongan sambangi Kampung Tangguh di Jalan Sumber Sari Gg. Arafah Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh Pekanbaru, Kamis (25/03/2021) sekira pukul 10.30 Wib pagi.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Camat Lima Puluh Indra Maulana S.STP M.SI, Kapolsek Lima Puluh Kompol Sanny Handityo SH SIK, Danramil Lima Puluh Kapten Arh Antoni, Kepala UPTD Pasar Lima Puluh, Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Lilik S.

Kemudian hadir juga Kabag Sumda Kompol Jasman. SE, Kasat Sabhara Kompol Fauzi SH MH, Kasat Binmas AKP Supriyanto, Tokoh Masyarakat Kecamatan Lima Puluh.

Sebelum masuk ke Kampung Tangguh Nusantara, Kapolresta Pekanbaru bersama rombongan, melakukan Protokol Kesehatan dengan melakukan cek suhu, cuci tangan dan jaga jarak sebelum masuk ke kawasan Kampung Tangguh Nusantara tempat budidaya ikan lele.

Diawali dengan pembacaan doa yang dipandu Suratman, dilanjutkan dengan penyampaikan kata sambutan dari Ketua Kelompok AMD Lele Kel Tj Rhu Kecamatan Lima Puluh oleh Mandariah.

Dalam sambutanya, Mandariah menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya., S.I.K., M.H beserta rombongan yang telah hadir di lokasi Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Lima Puluh Pekanbaru.

Dikatakannya, kegiatan Kampung Tangguh Nusantara dengan melaksanakan kegiatan budi daya Lele di Kelurahan Tg. Rhu Kec. Lima Puluh tersebut, merupakan dukungan dari Kapolsek Lima Puluh, Danramil Lima Puluh, Camat Lima Puluh dan unsur-unsur pejabat lainnya, sehingga budi daya ikan lele tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Tidak sampai disitu, ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan salah satu pencegahan dari dampak Covid 19 yang saat ini melanda, khususnya di bidang ekonomi, dimana dengan adanya kegiatan budidaya tersebut, setidaknya dapat membantu perekonomian masyarakat.

Mandariah berharap, agar kedepannya gerakan jaga kampung budi daya ikan lele tersebut, akan dilaksanakan di rumah – rumah warga, sehingga perekonomian masyarakat dapat membantu warga.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya., S.I.K., M.H, dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya bersama rombongan Satgas Covid dan Unsur Pimpinan Kecamatan Lima Puluh telah melakukan kegiatan Pendisiplinan kepada masyarakat di Pasar Lima Puluh.

“Kami sangat mengapresiasi kepada unsur Kecamatan Limapuluh yang telah membuat Posko PPKM di Pasar Limapuluh dan semoga nantinya dapat meminimalisir dengan melakukan penyebaran Covid 19 di Kecamatan Lima Puluh Pekanbaru,” kata Kapolresta dalam sambutanya.

Dikatakan Kapolresta, bahwa Posko PPKM di Pasar Lima Puluh di buat sebagai Pemantauan dan Pencegahan terjadinya penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan Prokes, penggunaan Masker, Jaga jarak dan mencuci tangan.

Menurutnya, terkait kegiatan Kampung Tangguh Nusantara dengan kegiatan yang dilakukan seperti Budi Daya Lele yang dilakukan oleh Kelompok AMD Lele, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya, selama pandemi covid 19 saat ini. Namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan yakni.

Adapun aspek-aspek yang diperhatikan papar Kapolresta, diantaranya aspek kesehatan dengan menyediakan fasilitas protokol kesehatan yang harus terpenuhi.

Kemudian, aspek ekonomi yang membantu masyarakat dimasa pandemi covid, dengan menyediakan ternak lele, pertanian dan perkebunan.

Juga segi keamanan, disini kita harus mendirikan poskamling untuk dapat memberikan rasa aman, nyaman maayarakat kita

“Kita berharap kedepannya kampung tangguh dengan melakulan budi daya lele di Kelurahan Tjg. Rhu Kecamatan Lima Puluh dapat berjalan sukses dan lancar serta memberikan suport kepada masyarakat untuk berusaha,” papar Kapolresta.

Kapolresta juga menegaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi unsur Kecamatan dan Kelompok Tani Kel. Tg Rhu yang telah membuat kegiatan Budi daya ikan lele di Kelurahan Tjg Rhu ini, dan semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Kapolresta juga menyarankan kepada kelompok tani melalui Ketua AMD ikan Lele, sedianya mengajukan proposal kepada pihak perusahaan, guna memajukan kelompok tani budidaya ikan lele di Kecamatan Lima Puluh Pekanbaru tersebut.

Usai menyampaikan arahannya, Kapolresta Pekanbaru melakukan pemberian Pakan Lele sebanyak 8 bungkus kepada Ketua Kelompok Tani yang diterima oleh Mandariah.

Selanjutnya Kapolresta Pekanbaru beserta rombongan melakukan pengecekan kolam budi daya ikan lele sekaligus memberikan makan ikan lele.

Pantauan, kegiatan tersebut berjalan lancar, aman dan terkendali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan hingga tuntas sekira pukul 11.15 Wib yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB pagi.***Hendy Muharman

 

 

 

 

 

Admin : Hery Ferdian

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com