November 27, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Polda Riau Usut Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan SPAM Durolis

Reskrimsus Polda Riau Usut Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan SPAM Durolis

 

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Riau tengah menyelidiki dugaan korupsi pembangunan sarana dan prasarana Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dumai, Rohil dan Bengkalis di Kabupaten Bengkalis.

Sejumlah pihak pun sudah dimintai keterangannya.”Sedang ditangani. Masih dalam proses penyelidikan,” ujar Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Andri Sudarmadi, Kamis 19 November 2020.

Dia tidak menampik kalau penyidik sudah memanggil para pihak terkait dalam pengerjaan proyek tersebut. Di antara yang sudah dimintai keterangan adalah panitia. “Panitianya sudah (dipanggil),” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto. Ia mengatakan, ada dua orang yang sudah dipanggil. “Dua orang diklarifikasi,” kata Sunarto.

Dijelaskannya, sejauh ini penyidik masih melakukan pengumpulan keterangan dan dokumen-dokumen pengadaan kegiatan. “Baru konfirmasi tentang dokumen,” ucap Sunarto.

Pembangunan sarana dan prasarana SPAM Durolis di Bengkalis menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis dengan nilai pagu proyek sebesar Rp48 miliar, sedangkan harga perkiraan sementara (HPS) sebesar Rp22 millar.

Proyek dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkalis. Air dari SPAM direncanakan PDAM untuk melayani 12.000 sambungan rumah (SR) existing di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

PDAM berharap Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung rencana tersebut dengan mengizinkan PDAM menaikkan tarif air minum PDAM yang belum pernah mengalami kenaikan sejak tahun 2008.

Selain itu PDAM juga meminta Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dapat memfasilitasi kesepakatan tarif air curah SPAM Durolis antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan UPT Pengelolaan Air Minum SPAM Durolis.

SPAM Regional Durolis merupakan SPAM Regional yang dibangun dari dana APBN Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan APBD Provinsi Riau serta APBD Pemerintah Kabupaten offtaker (penerima manfaat) untuk mensuplai air baku pelayanan air minum di daerah.

SPAM Regional Durolis tahap I direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019 dengan kapasitas 400 liter/detik yang akan dibagi ke tiga daerah yaitu untuk Kabupaten Bengkalis sebesar 150 liter/detik, Kabupaten Rokan Hilir 100 liter/detik dan Kabupaten Dumai 150 liter/detik.***

DETIKINDONESIAN.COM
bermula dari ide hingga menjadi sebuah aksi yang dapat mengubah bangsa ini secara perlahan ke arah yang lebih baik.

detikindonesian.com