November 27, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau, Ajarkan Demokrasi di Sekolah Melalui Pemilihan Ketua OSIS

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU– Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Olah Raga Provinsi Riau menggelar pemilihan ketua OSIS, Pelaksanaan kegiatan ini sepenuhnya dikoordinir Tujuh belas (17) Mahasiswa dari 2 Universitas yang sedang menjalankan tugas kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).

Bersamaan dengan pertemuan orangtua dilaksanakan pemilihan ketua osis, pertemuan ini dilaksanakan dengan menerapakan standar protokol.kesehatan, sebelum masuk orang tua dicek.suhu tubuhnnya dan diminta mencuci tangan.

Pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIS periode 2020 -2021, bertempat di SMAN Olahraga Provinsi Riau Jl. Yos sudarso no. 103 rumbai pesisir pekanbaru, Sabtu (14/11/2020).

Kepala Sekolah SMA Negeri Olahraga

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rahmad Ade Zulfian Menjelaskan, Pemilihan yang dilaksanakan ini juga ada secara Online dan langsung bagi siswa dan guru, pemilihan langsung dilaksanakan di lapangan SMAN Olah Raga Provinsi Riau setelah acara pertemuan dengan orang tua murid dan pihak Sekolah.

Rahmad Ade Zulfian saat di temui media di lokasi pemilihan mengatakan, pemilihan ketua Osis SMAN Olahraga Riau bertujuan untuk memperkenalkan apa itu Demokrasi sebelum usia siswa 17 tahun yang memiliki hak suara.

“Sebelum berlangsungnya acara, kami adakan briefing atau koordinasi bersama terkait pembagian tugas masing – masing,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua OSIS, Rahmat.

Visi dan Misi masing masing calon sudah mulai di kampanyekan sebelum pemilihan melalui Online ke seluruh Siswa SMAN Olahraga, jelas Rahmad ke awak media.

“Disini kami memperkenalkan Demokrasi Indonesia sejak Dini, terutama bagi anak anak yang menginjak dewasa dan nantinya mereka akan memiliki hak suara yang akan digunakanya kelak,” ujarnya.

Ketua pelaksana juga mengajarkan cara berkampanye untuk mendapatkan suara terbanyak dan memperkenalkan Visi dan Misi masing masing Calon.

Bagi siswa yang tidak dapat hadir bisa melihat hasilnya secara Online. Pemilihan dan penghitungan diadakan secara langsung saat siswa datang mengambil seragam bersama orang tua yang sempat hadir di Sekolah.

“Pemilihan Ketua OSIS menjadi ajang belajar berdemokrasi untuk bekal mereka saat betul-betul mendapatkan hak untuk memilih di masa depan,” ujarnya.

Ditempat yang sama Arshal Zairuby sebagai Koordinator Lapangan dalam Panitia pelaksana pemilihan berharap, “Saya berharap untuk nanti ketua OSIS yang terpilih bisa lebih baik dari sebelumnya, lebih tegas terhadap anggotanya dan bisa menegakkan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah,” tegasnya.

Arshal Zairuby sebagai Koordinator Lapangan menjelaskan, secara teknis untuk pelaksanaan memang diseting mendekati pemilu yang sesungguhnya.

Kami berharap anak didik kami mampu meraih prestasi dan membanggakan sekolah juga membanggakan Riau,” harap Arshal.***

Penulis : Hery Ferdian

DETIKINDONESIAN.COM
bermula dari ide hingga menjadi sebuah aksi yang dapat mengubah bangsa ini secara perlahan ke arah yang lebih baik.

detikindonesian