November 27, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Polisi Selidiki Pelaku Pemotongan 86 Pohon Milik Pemko Pekanbaru

 

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Sedikitnya ada 86 pohon yang tumbuh subur di Jalan Tengku Tambusai, dirusak orang tak dikenal dengan cara dipotong-potong, kemaren. Belum diketahui penyebab kejadian tersebut.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Kamis (15/10/2020) sore, mengatakan terkait itu, pihaknya telah melakukan konfirmasi kepada penyidik Polresta Pekanbaru.

“Kemaren, Kabid Pertamanan sudah konfirmasi. Tapi masih sebatas pengaduan di Polresta Pekanbaru. Kita tak menuduh adanya pihak lain yang memang ada kepentingan pribadi,” kata Indra.

Menurut Indra, aksi pemotongan pohon tersebut berlangsung malam hari, untuk mengantisipasi ketahuan dari pengawasan petugas atau masyarakat setempat. Dalam prosesnya, pelaku menggunakan parang.

“Pohon dipotong menggunakan parang, karena bekas potongan itu, tak rapi. Tak seperti menggunakan mesin potong. Sisa potongan pohon sekitar 2 meter lagi,” terang Indra.

Aksi pemotongan pohon itu, membuat dirinya kesal, pasalnya kondisi umur pohon itu masih sangat jauh untuk dipotong. Ditambahnya, tinggi pohon saat ini sekitaran 3 sampai 4 meter.

“Usia tanaman itu, masih terbilang belia (baru) dalam proses pengembangan tanaman. Karena tinggi pohon itu, sekitar 3 sampai 4 meter, belum layak dipotong,” pungkas Indra.

Untuk diketahui, jumlah pohon yang ditebang (potong,red) oleh orang tak dikenal itu, ada sekitar 86 batang yang tertanam dipinggir Jalan Tuanku Tambusai tepatnya depan Global Bangunan.

 

Penulis : Rio