Oktober 20, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

DISPUSIP PEKANBARU JALIN PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN POLRESTA PEKANBARU0

DETIKINDONESIAN.COM | Pekanbaru – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru pada Kamis (17/10/2020) siang melakukan kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembinaan Perpustakaandan Kearsipan dengan Polresta Pekanbaru. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di ruang layanan umum Perpustakaan Tenas Effendy Pekanbaru.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu’min Wijaya SIK MH hadir secara langsung yang didamping oleh jajarannya. Turut hadir juga beberapa Kapolsek yang ada di wilayah hukum Pekanbaru.

Rombongan Polresta Pekanbaru disambut langsung oleh Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonnna MSi. Selain Kadispusip, turut mendampingi juga Sekretaris Dinas dan juga Kabid-Kabid di lingkup Dispusip Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, Kapolresta mengapresiasi sambutan dari Dispusip untuk menyepakati perjanjian kerjasama tentang perpustakaan. Kerjasama ini sendiri diawali dengan Polsek Pekanbaru Kota yang nantinya dilanjutkan oleh seluruh Polsek di lingkup Pekanbaru.

“Kami menyambut baik dan mendukung upaya dari Dispusip untuk mewujudkan masyarakat Pekanbaru yang cerdas, pintar dan intelek,” kata Nandang.

Kapolresta juga akan mendorong polsek-polsek di lingkup Polresta Pekanbaru untuk bisa mendukung pemasyarakatan gemar membaca dengan membuat perpustakaan. Dengan adanya inisiasi dari Polsek Kota, diharapkan kegemaran mebaca masyarakat bisa terdorong.

“Kita yakin intelektualitas orang tidak terlepas dari kegemarannya membaca. Dengan penandatanganan MoU ini saya berharap ada kelanjuta kerjasama untuk untuk meningkatkan kegemaran membaca bagi masyarakat Pekanbaru dan memberikan banyak manfaat,” jelas Nandang.

Sementara itu Kadispusip menambahkan bahwa saat ini minat dan budaya baca masyarakat Pekanbaru masih tergolong rendah. Hingga kini masih kita lihat marak peredaran hoax di tengah masyarakat. Masyarakat ketika mendengarkan informasi tersebut hanya berasal dari satu sumber dan langsung membagikan tanpa ditelaah lebih lanjut. Oleh sebab itu Pemko melalui Dispusip memiliki tugas untuk meningkatkan budaya baca di tengah masyarakat.

Nelfiyonna juga menyambut baik keinginan dari Polresta Pekanbaru untuk menjalin kerjasama dalam hal pembentukan perpustakaan di wilayah tugasnya. Sebelumnya, itikad untuk membentuk ruang baca ini sudah dimulai dibahas dengan Polsek Pekanbaru Kota dan Polsek Rumbai. Saat ini, gerakan literasi ini semakin berkembang hingga mencakup jajaran resor Kota Pekanbaru.

“Dengan adanya kerjasama ini kita bersama bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama di tubuh kepolisian dan keluarganya,” papar Nelfiyonna.

Dalam kegiatan siang tadi, baik itu Dispusip dan Polresta saling bertukar bingkisan berupa hibah buku. Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.***

Editor : Hery