September 28, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Ada Temuan 2 Bingkisan Diduga Shabu, Kalapas : Tingkatkan Pengamanan

DETIKINDONESIAN.COM | BANGKINANG – Peredaran Narkotika dan Obat-obatan tidak hanya berasa ditengah masyarakat lingkungan Kabupaten Kampar, namun juga peredarannya meliputi dalam lingkungan pembinaan permasyarakatan. Kali ini terkuak di Lemabaga Permasyarakatan Kelas II A Bangkinang.

Pasalnya, petugas Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Bangkinang Kabupaten Kampar menggagalkan peredaran narkoba jenis Shabu pada Selasa (25/08/2020). Tentu berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Kampar.

Kepala Lapas Kelas II A Bangkinang Kabupaten Kampar, Sutarno dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa saat petugas Lapas Kelas II A melaksanakan kontrol sekitar Pukul 08.00 WIB ke belakang blok baru menemukan bungkusan plastik mencurigakan.

“Petugas dengan adanya temuan yang mencurigakan itu, lanjut melaporkan kejadian ke Komandan Regu dengan diteruskan kepada Kepala KPLP, dan Kepala Lapas menerima laporan dari Kepala KPLP Lapas.” Beber Sutarno.

Lanjutnya, “Kepala Lapas Kelas II A Bangkinang Kabupaten Kampar memerintahkan Kepala KPLP untuk melaporkan adanya temuan tersebut ke pihak Kepolisian Resort Kampar agar segera ditindaklanjut.”

Dilansir dari berseripos.com (26/08) keterangan Sutarno, Kepala Lapas Kelas II A Kabupaten Kampar saat berada diruang kerjanya menyebutkan bahwa adanya temuan 2 bungkusan plastik berwarna kuning dan putih di dua tempat yang tidak terpisah jauh jaraknya dengan dugaan berisikan narkotika jenis shabu.

“Kita menduga, hal tersebut masuk melalui belakang dengan cara dilempar dari luar tembok Lapas, dan persis temuan disamping tembok dalam. Temuan tersebut merupakan yang paling besar digagalkan semenjak berdinas di Kabupaten Kampar, pasalnya ada 2 kantong plastik yang diduga berisi 5 paket sedang shabu-shabu.” Terang Kepala Lapas Kelas II A Bangkinang Kabupaten Kampar.

Dirinya juga menjelaskan, pada Pukul 01.30 WIB dinihari petugas piket mendengar suara seperti suara drone dibagian belakang lapas persis sekitar tembok Lapas. Namun tak bisa dilihat dengan jelas karena terkendala penerangan dilingkungan Lapas Kelas IIA Bangkinang.

“Kita perintahkan anggota Lapas Kelas II A untuk memeriksa dan melakukan penggeledahan dilingkungan Lapas guna memastikan kondisi didalam Lembaga atas temuan barang haram tersebut.” Ujar Sutarno, Kalapas Kelas IIA Bangkinang.

“Saat ini, barang haram tersebut dibawa pihak Polres Kampar guna dilakukan tindakan selanjutnya. Hingga kini (26/08) belum tahu siapa pemiliknya, secara intensif kita akan terus lakukan penggeledehan di dalam lingkungan Lapas. Kita tunggu hasil penyidikan pihak kepolisian, Kita serius berantas narkotika dan obat-obatan di Lapas Kelas IIA Bangkinang Kampar ini.” Tegasnya didampingi Novindra, Kepala KPLP Lapas Kelas II A Bangkinang.

Menutup Sutarno menegaskan, “Secara rutin dan insidentil, kita terus lakukan razia di Lapas Kepas IIA Bangkinang Kabupaten Kampar. Jajaran pengamanan Lapas, tingkatkan kewaspadaan.” Pungkas Kalapas.***

 

 

 

Editor : M Hasbi