September 28, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Satpol PP Kota Pekanbaru Amankan 45 Anjal, Ada Yang Bawa Sajam

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Tim Yustisi Pemko Pekanbaru yang dikomandoi Satpol PP Pekanbaru mengamankan 45 orang yang hidup di jalanan, Selasa (18/8/2020) sore. Selain meresahkan warga, beberapa orang pemuda yang terjaring dalam razia didapati membaca senjata tajam.

Menurut Plt Kasatpol PP Pekanbaru, Burhan Gurning, razia tersebut dilakukan setelah mendapatkan banyak pengaduan masyarakat terkait keberadaan anak jalanan, gepeng dan ‘pak ogah’ di beberapa wilayah. Agar tidak terus meresahkan, mereka yang terjaring dalam operasi bersama Dinas Sosial Pekanbaru ini diamanka di Markas Satpol PP Pekanbaru.

“Banyak laporan masyarakat untuk kita lakukan razia terkait keberadaan mereka (gepeng dan anjal – red). Jadi tadi operasi dipimpin Kabidop Satpol PP Pekanbaru Yendri Doni ke beberapa kawasan. Setelah itu, yang terjaring razia kita amankan di markas dan usai didata kita serahkan ke Dinas Sosial untuk dibina,” jelas Burhan kepada media.

Dari data yang diperoleh pewarta, dari 45 orang yang terjaring, 8 diantaranya berusia anak-anak yang berprofesi sebagai gepeng. Selanjutnya didapat 20 orang pria dewasa dan 15 orang wanita dewasa. Mereka diamankan di jalan Kaharuddin Nasution, Jalan Soekarno Hatta, Jalan HR Soebrantas, Simpang Empat SKA serta jalan Tambusai simpang Jalan Paus. Terkait dengan sajam, hal tersebut ditemukan anggota saat melakukan penertiban yaitu berupa gergaji besi serta pisau dengan alasan untuk membela diri.

“Apapun alasannya, membawa sajam itu tidak dibenarkan. Alat itu bisa saja disinyalir pemilik akan melakukan tindak kriminalitas di jalanan. Namun yang pasti, saya berharap masyarakat turut menjaga kota yang kita cintai ini bersama. Jika ada yang meresahkan, jangan sungkan untuk melaporkan kepada satpol PP,” terangnya.***

 

 

 

Reporter : M Asri Ali
Redaktur : Hery