Rab. Jan 27th, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Senin (17/08/2020) Sehubungan dengan Hari Kemerdekaan INDONESIA ke-75, Lapas Kelas 2 A Pekanbaru memberikan pengurangan hukuman (Remisi) kepada Narapidana Sesuai dan memenuhi persyaratan administratif dan substantif.

Plt Lapas Pekanbaru Alfonsus Wisnu Ardianto mengeluarkan Press Release terkait Remisi Khusus HUT RI Tahun 2020. Didalam Press Release tersebut, dijelaskan jumlah narapidana di lapas pekanbaru adalah 1577 orang.

Sebanyak 14 narapidana yang Seharusnya Bebas Harus Jalani Sisa Subsider, setelah menerima remisi umum (RU) II saat peringatan hari Ulang Tahun ke-75 RI, pada Senin, 17 Agustus 2020.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana,” kata PLT Lapas Pekanbaru Alfonsus Wisnu Ardianto, dalam keterangan, Senin, 17 Agustus 2020.

Sebanyak 1072 narapidana lainnya menerima pengurangan masa hukuman atau RU I yang besarannya bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.ucap Wisnu.

Secara keseluruhan, narapidana yang menerima revisi umum 2020 berjumlah 1086 orang.

Remisi diberikan pada narapidana yang memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Antara lain telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas, rutan atau lembaga pembinaan khusus anak (LPKA).

Wisnu menerangkan, pemberian remisi umum HUT RI ke-75 ini dapat menghemat pengeluaran uang negara, dengan memangkas anggaran makan narapidana.

Remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana telah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 99 Tahun 2012, Keputusan Presiden Nomit 174/1999, serta Peraturan Menteri Nomor 3 tahun 2018 tentang pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan.***

 

 

 

 

Reporter : Hery
Redaktur : Satria

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com