Sen. Jan 25th, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | BANGKINANG – Disaat momen menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 75 Tahun (17 Agustus 1945-17Agustus 2020), dengan itu dinyatakan kemerdekaan rakyat Indonesia oleh Presiden RI, Ir Soekarno-Hatta dikala itu. Tentu sama kita ketahui pidato kemerdekaan saat itu yang hingga kini masih terngiang disanubari kita sebagai rakyat Indonesia.

Namun ironis, itu belum dirasakan oleh ratusan buruh PT Padasa Enam Utama Koto Kampar, yang tergabung di Federasi Serikat Buruh Sajahtera Indonesia (F-SBSI) Kabupaten Kampar.

Buruh F-BSI Kabupaten Kampar di PT Padasa Enam Utama gelar aksi aksi demo di depan Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kampar. 13 tuntutan terhadap PT Padasa Enam Utama Kokar di suarakan kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar.

Kormaida Siboro, Ketua F-SBSI Kabupaten Kampar saat dikonfirmasi wartawan (13/08 lalu) mengatakan, “point tuntutan kami sampaikan kepada pemerintah kabupaten kampar dan kesepakatan yang kami lakukan pada 8 dan 9 Juli 2020 tidak terealisasi. Sebelumnya kami sudah melakukan aksi demo dan mogok kerja selama 5 hari.”

Pihak demonstran berharap agar perusahaan memberikan APD kepada Karyawan, Alat kerja, Ambulance yang layak, Bus sekolah yang layak, dan harga TBS (Timbangan Buah Sawit) di naikan, Upah premi panen sekarang menjadi 70 Perak, Pensiunkan yang sudah berumur 55 Tahun, Diberikan hak atau bayarkan uang pensiun dan buatkan segera perjanjian Pengusaha dan Pekerja (PKB).

“Diminta DPRD Kampar agar memanggil PT Padasa Enam Kokar, karena apa yang disampaikan ini merupakan hak para buruh, kami tidak mau hal ini berlarut. Kami akan buat tenda didepan komplek perkantoran Pemda kampar sampai ini selesai.” Tegasnya selaku Ketua F-SBSI Kabupaten Kampar bersama para Buruh dari PT Padasa Enam Utama Kolar.

Menyambut dan menanggapi perihal aksi demonstran dalam menyampaikan aspirasi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar, H Fahmil SE ME dari Partai Keadilan Sosial (PKS) memanggil serta menemui perwakilan dan utusan dari para demonstran tersebut.

“Saya tak tega membiarkan mereka seperti ini. Kamis kemarin saya melayani perwakilan mereka di ruang rapat DPRD Kampar. Menyatakan siap memanggil PT Padasa untuk menyampaikan aspirasi mereka.” Ucap Bang Fahmil, (16/08/2020).

Ditambahnya, “Namun sampai 2 malam mereka belum pulang dengan memasang tenda, Maka saya harus turun ke tempat mereka untuk memberi jaminan pemimpin negeri ini. Aspirasi mereka akan di tindak lanjuti, Dan menyuruh mereka pulang ke tempat masing-masing. Alhamdulillah,, dengan musyawarah mereka pulang dengan ihlas diiringi harapan.” Pungkas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Fahmil.

Uniknya, terlihat sebuah pandangan yang fokus menyorot ke Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar, H Fahmil SE ME dari Partai Keadilan Sosial (PKS) ini.

Ketika menemui para demonstran dari F-SBSI PT Padasa Enam Utama, sang pria yang merakyat ini berada di pintu masuk komplek perkantoran Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar dengan menggunakan mobil dinas difasilitasi negara, BM 10 F berwarna putih.

Ditengah-tengah rakyat Kampar dari F-SBSI PT Padasa Enam Utama itu, dirinya sebagai Wakil rakyat dipimpinan parlemen daerah Kabupaten Kampar berdiri diatas mobil dinasnya dengan fasilitas negara berasal dari rakyat itu. Diakui, sebelumnya dirinya memohon izin terhadap rakyat kampar para demonstran tersebut untuk berdiri diatas kendaraan dinas yang dikendarainya.

“Ini mobil rakyat, difasilitasi negara kepadanya sebagai wakil rakyat dengan kendaraan BM 10 F. Maka harus minta izin kepada rakyat.” Ucap Fahmil disela demonstran berangsur membubarkan diri untuk kembali ke rumah masing-masing dengan harapan dari buruh PT Padasa Enam Utama Kokar.***

 

 

Reporter : M Hasbi
Redaktur: Hery F

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com