Kam. Jan 21st, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | MEDAN – Penyebab kebakaran yang menghanguskan truk tangki Pertamina diduga akibat praktik nakal para supir truk BBM yang sering disebut ‘Kencing’ di Jalan Titi Pahlawan Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan.

“MOBIL TANGKI BBM TANG TERBAKAR
NOPOL : BK 9222 CM Membawa 24000 Kilo Liter BBM Jenis Pertalite”.

Diketahui Memang Tempat Kejadian dan lokasi sekitar tersebut sering mobil tangki berhenti, dan para sopir tangki mengambil BBM atau “kencing”.

Hal ini disebutkan oleh saksi mata Kepala Lingkungan X Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Aulia Rahman serta bukti di TKP bahwa terdapat satu mobil pick up yang menjadi tempat pemindahan minyak juga ikut terbakar.

Praktik truk tangki BBM ‘kencing’ di jalan merupakan tantangan berat PT Pertamina (Persero) dalam proses penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Istilah ‘kencing’ di jalan digunakan untuk menggambarkan truk tangki BBM yang menyelewengkan muatannya saat melakukan proses pengiriman BBM dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Aulia menyebutkan dugaan kebakaran karena ada percikan api saat pemindahan minyak dari tangki truk Pertamina ke mobil pick up tersebut.

“Jadi waktu penyaluran minyak dari tangki Pertamina ke mobil pick up ada gesekan karena cuaca panas dan memuai jadi itu membuat terbakar, yang membuat truk dan mobil pick up tadi terbakar habis,” ungkapnya kepada T ri bun-medan.com, Kamis (6/8/2020).

Ia menyebutkan bahasa yang sering dipakai ‘Kencing’ di jalan.

“Bahasa kerennya kencing, ini sering terjadi di daerah sini,” tuturnya.

Hal yang membuat praktik tersebut dilakukan, Aulia menerangkan bahwa supir yang membawa truk tangki Pertamina tersebut tidak kelihatan.

“Supir pertamina lari, kita bilang enggak nampaklah,” jelasnya.

Aulia Rahman menyebutkan satu orang yang terluka tersebut merupakan supir dari mobil pick up tersebut.

“Jadi tadi saya lagi dekat kejadian ada pekerjaan korek parik, tahu-tahu dengar dengar ledakan dan ada kebakaran. Pas lihat di lokasi, kami langsung mengevakuasi warga setempat. Jadi pas kejadian ada satu orang korban terbakar supir yang mobil pickup, bukan warga sini,” tuturnya saat diwawancarai T ri bun di lokasi.

Aulia menyebutkan korban langsung dilarikan menuju Rumah Sakit Wulan Windi oleh rekannya, yang juga mengendarai mobil pick up.***(RILIS)

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Hery Ferdian

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com