September 28, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Puluhan Kader Posyandu dan PKK Ikuti Pelatihan BKB-BKL

DETIKINDONESIAN.COM | Pekanbaru – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Senin (20/07/20) buka pelatihan kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan.

Pelatihan terkait, program pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat 2020 yang diikuti 35 orang Kader Posyandu dan kader PKK dilaksanakan di Aula Kelurahan Kampung Baru.

Kadisdalduk KB Kota Pekanbaru, Muhammad Amin tampak memberikan materi kepada peserta. Muhamad Amin menyampaikan, kader BKBBKL Kelurahan Kampung Baru harus bisa menerapkan pola pembekalan kemampuannya terlebih dahulu pada keluarga sendiri dan kemudian masyarakat.

“Yang kita bina adalah keluarga. Sesuai dengan visi walikota pemberdayaan masyarakat.. Salah satu pemberdayaan masyarakat itu melalui pemberdayaan keluarga. Diharapkan dengan pembinaan keluarga yang memiliki balita, tentu hak pengasuhan dan tumbuh kembang anaknya bisa terukur dengan baik. Karena dia mengikuti prosedur pola pengasuhan yang diajarkan dalam pelatihan itu,” terang Muhammad Amin kepada pekanbaru.go.id.

“Pemahaman pola asuh bagi balita dan lanjut usia penuh dengan kesabaran dan kelembutan, sehingga dapat diterima oleh masyarakat,” ujar Muhammad Amin.

Ditempat yang sama, Lurah Kampung Baru, Yeni Erita S.Sos kepada media mengatakan, peserta yang ikut dalam pelatihan merupakan kader pilihan yang dapat dipercaya memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait pembinaan balita dan lanjut usia.

“Kami sudah memilih para kader dari ibu-ibu yang memiliki kemampuan dalam memajukan masyarakat di kampung baru ini, khususnya dibidang BKBBKL yang kita laksanakan hari ini,” ujar Yeni Erita.

Yeni Erita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disdalduk KB Kota Pekanbaru yang telah memberikan manfaat dan dukungan pada masyarakat kelurahan Kampung Baru.

“Alhamdulillah, support dan apresiasi dari Disdalduk KB Kota Pekanbaru melalui Bapak Muhammad Amin selaku Kepala Dinas, menyampaikan kekaguman kepada pemerintah Kelurahan Kampung Baru yang selalu bersinergi dengan masyarakat,” ucap Yeni Erita.

Pelatihan yang dilaksanakan dikatakan Yeni Erita, menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan Kelurahan tahun 2020.

“Melalui alokasi anggaran yang ada saat ini, kita dari Kelurahan Kampung Baru telah melakukan pemberdayaan terhadap kemampuan masyarakat. Selain pembinaan dan bimbingan untuk para kader, kita juga pernah melaksanakan berbagai pelatihan diantaranya seperti tata boga, perbengkelan, salon, dan lain sebagainya,” terangnya.

Dengan pelatihan ini, Yeni Erita mengharapkan kerja sama para peserta agar dapat memahami ilmu pembelajaran yang akan disampaikan oleh pemateri.

“Kami berharap para peserta dapat serius mengikuti kegiatan pelatihan ini. Jadikan kegiatan ini sebagai upaya membangun lingkungan kita kearah yang lebih baik,” ucapnya.

Diketahui, pelatihan berlangsung selama tiga hari, yang mana inti pembekalan tersebut yakni, bagaimana para kader dapat merawat serta mengasuh balita dengan memperhatikan asupan gizinya dan menjaga keluarga lanjut usia dengan memperhatikan dan mengatur pola makannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadisdalduk KB kota Pekanbaru M. Amin, Camat Senapelan Fabillah Sandy SE, M.AP.

Ketua DPD LPM Kota Pekanbaru Sarjoko SE, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, Ketua RT/RW, Ketua LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para peserta, dan undangan lainnya.***

========================
Reporter : Imam Maradona

Redaktur : Hery Ferdian