September 28, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Perjalanan Dinas Keluar Negeri DPRD Riau Dihapuskan Sebesar 16 Miliar

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Riau, memastikan anggaran untuk perjalanan dinas anggota DPRD ke luar negri untuk tahun 2020 ini, tidak akan digunakan.

Kondisi ini dikarenakan pandemi covid-19 yang masih melanda Riau. Dimana besarnya anggaran perjalanan dinas sebesar Rp16 Miliar.

“Perjalanan Dinas Dewan paling besar kita rasionalisasikan. Kondisi ini dikarenakan covid-19 yang masih terjadi di Riau.

Termasuk perjalanan dinas anggota Dewan ke Luar Negri, untuk tahun 2020 dihapuskan sebesar Rp16 Miliar,” jelas Sekwan DPRD Riau, Muflihun, Senin(27/7/2020).

Dijelaskan Muflihun, dimasa pandemi covid-19, tidak memungkina anggota DPRD Riau melakukan perjalanan Dinas ke luar Negri. Bahkan untuk perjalanan dinas di Dalam Negri juga dikurangi, yang dijalankan hanya perjalanan dinas dalam daerah.

“Yang ditiadakan perjalanan dinas dewan keluar negri, tentunya ini disebabkan oleh kondisi saat ini. Ini juga berkembang kondisi yang sama di daerah kunjungan. Sehingga kegiatan khususnya sebelum new normal dalam daerah saja, dan untuk keluar daerah tak bisa,” ungkapnya.

Selain memotong anggaran perjalanan dinas keluar negri bagi anggota dewan, Sekwan juga memangkas beberapa kegiatan yang ada di DPRD Riau, seperti pengadaan mobil dinas Pimpinan DPRD Riau, Bimtek Dewan, Reses Dewan, observasi komisi di Dewan, dan kegiatan lainnya yang dinilai, belum begitu diperlukan untuk dianggarkan pada tahun 2020 di masa Pandemi covid-19.

“Pergeseran anggaran di Sekwan untuk kegiatan di DPRD itu ada lebih kurang Rp76 M. Kalau di persentasekan mencapai 24 persen. Yang besar pergeseran itu seprti pengadaan mobil dinas pimpinan kita geser. Dan ada beberapa item lainhya. Termasuk pembahasan Perda yang awalny 20 perda digeser 10 perda. Dan hingga akhir tahun ini, kemungkinan hanya 5 perda,” jelasnya.

Untuk selanjutnya, pergeseran anggaran di tahun 2020 ini, kembali akan dibahas kembali untuk anggaran kegiatan DPRD Riau pada tahun 2021 mendatang. Namun belum bisa dipastiak berapa banyak kegiatan yang kembali akan masuk di APBD 2021.***

 

 

 

 

 


Reporter : Hery
Redaktur : Satria

DETIKINDONESIAN.COM