Kam. Jan 21st, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Hari ini merupakan hari lahirnya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dimana pada tanggal 23 Juli 1973 para pemuda dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) dengan berbagai latar belakang bersepakat untuk bersatu dalam sebuah wadah.

“Kesepakat itu tertuang dalam sebuah deklarasi yang disebut dengan Deklarasi Pemuda Indonesia”.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) PK Kecamatan Rumbai Pesisir, Zikrullah menaruh harapan di Hari Ulang Tahun (HUT) KNPI ke-47 yang jatuh pada tanggal 23 Juli.

Menurut Zikrullah, di usia ke-47 ini KNPI selalu menjadi rumah besar pemuda dalam menjaga kebhinekaan, dan tempat pemuda melatih kepemimpinan serta bakatnya.

Namun belakangan ini bila kita liat perjalanan bangsa Indonesia dalam beberapa kebijakan masih kurang keberpihakan terhadap pemuda.

Hal ini dapat dilihat dari kurangnya payung hukum untuk bagaimana pengelolaan pemuda juga organisasi pemuda dalam mencetak pemuda yang sesuai dengan harapan bangsa. Hampir di semua tingkatan kepengurusan KNPI merasakan hal itu, KNPI masih dianggap hanya sebagai organisasi biasa saja sama dengan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Pembagian peran juga masih sangat minim, dapat kita lihat pemuda hanya dijadikan instrumen objek saja dari sektor yang ada. Baik itu politik, ekonomi, pemerintahan dan sebagainya.

Yang menjadi top leader masih diisi oleh kaum tua yang didominasi oleh orang yang itu itu saja.

“KNPI sebagai miniatur negara harus senantiasa hadir memberikan contoh bagaimana kita bisa bergerak berjuang mempertahankan ideologi bangsa dan negara ini,” ungkapnya.

Memang kita tidak menafikan bahwa banyak PR kebangsaan yang harus diselesaikan. Dapat kita lihat bagaimana menjamurnya kelompok radikal muncul ditengah tengah masyarakat. Baik radikal secara pemikiran maupun radikal dalam bentuk fisik. Tentu ini tidak bisa dipandang sebelah mata saja persoalan ini.

Belum lagi Budaya korupsi dikalangan pemangku pemerintahan. Orang yang seharusnya membawa Indonesia lebih maju malah ikut menggerogoti dari dalam. Seolah oleh tidak berdosa terhadap seragam yang mereka pakai, ucap pria yang akrab di panggil Izik.

Narkoba juga persoalan serius yang harus diselesaikan segera, barang haram ini telah banyak merusak generasi bangsa kita. Hampir seluruh latar belakang pekerjaan, agama, status sosial baik tua maupun muda pernah terjaring oleh aparat Negera terkait narkoba.

Zikrullah Ketua KNPI PK Rumbai Pesisir Berharap bahwa kedepan KNPI mampu menjawab tantangan zaman di era milenial saat ini.

Untuk itulah pemuda harus dipersiapkan dalam menjawab tantangan masa depan. Bila kita bertanya dimana pemuda itu bisa ditempa dan dipersiapkan, tentulah jawabannya di KNPI, yang mana KNPI merupakan tempat mewadahi atau rumah seluruh OKP dari berbagai latar belakang dan unsur baik agama, suku, ras, organisasi dan partai. Jadi ini merupakan tempat pemuda melatih kepemimpinan serta bakatnya, Karena KNPI adalah cerminan dari Indonesia, tutupnya.***

Penulis : Zikrullah

 

 

 


Redaktur : Hery

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com