Sen. Jan 18th, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | Pekanbaru – Kabel Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di 22 ruas jalan Kota Pekanbaru yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) hilang. Hilangnya kabel dengan total panjang mencapai 8.800 meter, terhitung selama periode April-Mei 2020.

Kepala Bidang Keselamatan Teknis Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti kepada media Sabtu (04/07/2020) mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan peristiwa tersebut ke pihak kepolisian.

“Kabel LPJU kita di 22 ruas jalan di Kota Pekanbaru hilang. Sudah dilaporkan ke polisi,” ungkap Tengku Ardi Dwisasti.

Lebih lanjut disampaikannya, yang dihlang bukan hanya kabel yang ditanam di dalam tanah. Kabel yang terpasang di saluran udara pun hilang.

Berdasarkan data Dishub Kota Pekanbaru, kehilangan kabel terpanjang terjadi di Jalan Seroja, tak jauh dari SMK 6, Kecamatan Tenayan Raya. Di lokasi itu, kabel yang hilang sekitar 1.700 meter. Kemudian di Jalan Raja Panjang, Okura, sekira 1.500 meter.

Hilangnya kabel saat itu berdampak pada matinya lampu jalan. Menindaklanjuti itu, Dishub kemudian mengganti kabel.

“Hilangnya tidak sekaligus, pencurinya lihai, mereka angsur-angsur. Total kehilangan kabel mencapai 8.800 meter,” ujar Tengku Ardi Dwisasti.

Kehilangan juga terjadi di Jalan M Nur, Tuanku Tambusai, Jalan IR H Juanda. Jalan Danau Buatan, Zainal Abidin, Pesantren, Tanjung Datuk, Jalan Alam Raya dan Harapan Raya.

Kehilangan kabel LPJU juga terjadi di Jalan Cempaka, Teuku Umar, Kapau Sari, Datuk Setia Maharaja, Duyung dan Todak ujung, Badak, Jambu, Kaharuddin Nasution, Tenayan dan Jalan Gunung Kelud.

Tengku Ardi Dwisasti mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas umum yang ada. Jika mendapati ada oknum berpotensi melakukan kejahatan terhadap PJU dan fasiltas umum lainnya, diminta untuk menegur dan melaporkannya ke PJU Call Center di nomor 0811-769-466.

“Jangan percaya kalau ada yang mengaku petugas dari Dishub atau PLN kalau tidak memakai atribut atau kendaraan operasional,” kata dia.

Seperti yang di Jalan Okura, cerita dia, pernah ada orang mengaku dari PLN memanjat tiang langsung ditangkap warga.***

 

 

 

 

 


Penulis : Imam Maradona
Redaktur : Hery Ferdian

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com