September 28, 2020

Detikindonesian.com

Kabarkan Berita Terkini

Supervisi Persiapan Pilkada 2020, Ketua Bawaslu Riau Kunjungi Bawaslu Rohul

DETIKINDONESIAN.COM | ROHUL – Ketua Badan pengawas pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau Rusidi Rusdan Melakukan Kunjungan Kerja Ke kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Bangun Purba di dampingi oleh ketua Bawaslu Rokan Hulu Fajrul Islami Damsir serta pimpinan Bawaslu Rokan Hulu Turut hadir Juga Koordinatoor Bawaslu Rokan Hulu Bapak Afrizal Candra, Sabtu (20/06/2020).

Kunjungan kerja Tim Bawaslu Riau selain ke kantor Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu, tim juga berkunjung ke kantor pengawas kecamatan (Panwascam) Bangun Purba dan pengawas tingkat Desa di Bangun Purba.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka supervisi persiapan Evaluasi tahapan lanjutan pilkada serentak 2020 dan sekaligus melakukan Monotoring Pengaktipan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu tahun 2020, Pasca terbit Peraturan Komisi Pemilahan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2019, Tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur dan Bupati, Wakil Bupati Dan /atau Walikota , wakil Walikota tahun 2020.

Ada Beberapa point yang di sampaikan ketua Bawaslu Propinsi Riau dalam Arahan di kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Bangun Purba :

1.Untuk memastikan perangkat pengawas jajaran di Rokan Hulu dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu

2.Memastikan integritas penyelenggara melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab

3.Strategis pengawasan dalam arahannya adalah sosialisi media sosial virtual program pansos dalam menghadapi Pilkada di tengah situasi sulit pandemi covid 19

4.Banyak pergeseran yg terjadi dalam sisitim pengawasan mari bersama kita ambil hikmah di tengah mengawasi seluruh tahapan Pilkada ujar ketua Bawaslu riau Rusidi Rusdan

5.Peningkatan dan pengetahuan sdm jajaran pengawas tekhnologi perlu pembaharuan dalam era new normal khusus pengawasan Pilkada rohul 2020.

6.Bersiap untuk up date tekhnologi semakin tinggi tekhnologi potensi kecurangan akan semakin naik bagaimana ini harus dipersiapkan dalam jajaran pengawas.

7.Penanganan pelanggaran pemilihan diperhatikan menurut ketentuan tahapan secara koheren di perhatikan syarat formil dan materil dengan catatan di tuangkan dalam hasil pengawas jajaran untuk dokumentasi legal di dalam penganan pelanggaran pemilihan Bupati Wakil Bupati 2020.

Diakuinya, banyak pergeseran yang terjadi dalam sisitim pengawasan, mari bersama kita ambil hikmah di tengah mengawasi seluruh tahapan Pilkada,” ujar ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan.

Lanjutnya, peningkatan dan pengetahuan SDM jajaran pengawas tekhnologi perlu pembaharuan dalam era new normal khususnya pengawasan Pilkada Rohul 2020 ini.

Masih dengan Ketua Bawaslu riau, Dalam arahanya ketua Rusidi Rusdan meminta seluruh jajaran pengawas merapatkan barisan mengencangkan ikat pinggang tetap bertugas sebagai pengawas yang bertanggung jawab dan profesional, update tekhnologi dan memperhatikan standar kesehatan Awasi bersama rakyat awasi bersama Bawaslu tegakan keadilan,” tuturnya.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Hery
Editor : Satria