Sen. Jan 25th, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Lokasi jatuhnya pesawat tempur Hawk 200 jenis TT-0209 milik TNI AU tidak berapa jauh dari belakang Bataliyon Arhanud Se-13/PBY Pekanbaru sudah diamankan pihak Lanud RSN Pekanbaru, Personil Arhanud Se-13/PBY dan Personil Kodim Kampar, Senin (15/06/20).

Menurut informasi, api yang sebelumnya sempat berkobar berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.00 WIB oleh beberapa unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kejadian.

Diberitakan sebelumnya, Pesawat Tempur TNI AU Jenis T-0209 Satuan Lanud Rusdin Nurjadin jatuh di kawasan perumahan masyarakat Jln Gading Marpoyan Raya Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Senin (15/06/20) sekitar pukul 08.00 WIB.

Akibat kecelakaan itu, satu unit bangunan rumah masyarakat mengalami kerusakan berat. Sementara pilot pesawat tempur dikabarkan berhasil menyelamatkan diri melalui kursi pelontar. Informasi sementara tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Rumah yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pesawat Hawk 200 TT-0209 Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru ternyata milik pegawai PLN Rengat, Abu Abdullah.

Saat kejadian rumah yang berada di Desa Kubang Raya Kec, Siak Hulu Kabupateb Kampar itu dalam keadaan kosong, Senin (15/06/20) sekitar pukul 08.18 WIB.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto mengonfirmasi soal jatuhnya pesawat TNI AU di Kampar, Riau, pada Senin (15/6/2020) pagi.

Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail Anggota Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru ijek di atas atap Rumah Emwir di Jl. Sialang RT 04/01 Desa Kubang Raya Kec, Siak Hulu Kab. Kampar, Pilot dikabarkan selamat setelah melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat.

” Saat ini berada di RSAU dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Fajar dalam keterangan tertulis yang disampaikan TNI AU pada Senin pagi.

Penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU. Pesawat yang jatuh merupakan pesawat tempur jenis BAE Hawk 109.

” Kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209,” ucap Fajar.

Fajar menjelaskan, pesawat itu dikendalikan oleh pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail.

” Dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru,” ujar dia.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Hery

Redaktur: Satria

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com