Rab. Jan 27th, 2021

 

DETIKINDONESIAN.COM|PEKANBARU – Terkait temuan narkoba jenis ekstasi 34 butir didalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang, kemaren. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Ham Riau, Maulidi Hilal angkat bicara.

Menurut Hilal, dirinya telah mendapatkan laporan dari pihak Lapas Bangkinang bahwa terkait adanya temuan 34 butir pil ekstasi dari tangan 3 orang narapidana usai dilakukan razia rutin sipir Lapas.

“Benar. Terkait kejadian adanya pil ekstasi di Lapas Bangkinang masih dilakukan pendalaman dari rekan-rekan. Dan sudah diserahkan kepihak penyidik Polres Kampar,” ucapnya Hilal saat dikonfirmasi detikindonesian.com, Jumat (1/5/2020).

Dijelaskan Hilal, posisi barang tersebut ketika ditemukan, berada diantara tembok pembatas dan blok hunian di Lapas Bangkinang (Brand Gam). Jika dilihat kata dia, pas disisi sebelah kanan dari Lapas.

“Kemudian akhirnya kita melakukan penyelidikan kedalam akhirnya didapatkan tiga orang warga binaan yang terkait pil ekstasi tersebut,” terang Hilal.

Hilai menyatakan dugaan pihak lapas Bangkinang dan pihak Kepolisian itu barang dapat dari luar yang dilempar melalui tembok pembatas Lapas Bangkinang.

“Karena disamping tembok pembatas itu ada akses jalan Ispeksi antar pemukiman dan lapas yang dimana ditembok pembatas tersebut itu area Lapas Bangkinang yang digunakan kegiatan asimisasi pertanian dari warga binaan lapas bangkinang,” kata Hilal.

Maulidi Hilal melanjutkan kejadian seperti ini bukan hanya terjadi di lapas Bangkinang saja tetapi banyak terjadi dibeberapa rutan dan lapas yang sekeliling area tersebut masih bisa diakses oleh masyarakat sekitar.

“Jadi bukan berarti ada narkoba atau ekstasi tersebut dipegang langsung oleh warga binaan tapi barang itu diduga dilempar dari luar Lapas melalui tembok pembatas lapas Bangkinang,” tutup Hilal.

Kejadian ini menjadi perhatian pihaknya, tentunya akan kordinasi dengan pihak kepolisian dan juga masyatakat, agar dapat membantu. Seandainya kalau ada orang melewati disana dengan gerak-gerik yang mencurigakan, segera laporkan.

Sebelumnya, Sipir Lapas Kelas IIA Bangkinang gelar razia rutin, disetiap kamar dan blok yang dihuni oleh para narapidananya tak luput dari penggeledahan petus. Dalam bersamaan petugas temukan 34 butir pil ekstasi dan mengamankan 3 orang napi pemilik barang haram itu.

 

 

Penulis : Sat
Redaktur : Emy

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com