Kam. Jan 21st, 2021

 

DETIKINDONESIAN.COM|PEKANBARU – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, siap mengawal terkait proses pendistribusian dana desa dan bantuan yang dibantukan dari pemerintah daerah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pendistribusian dana desa ini, sesuai kebijakan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) yang nerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2020 tentang, Desa Tanggap Covid-19 dan Padat Karya Tunai Desa.

“Yang terima Dana Desa, warga dengan catatan sesuai dengan SE Menteri Desa, yaitu yang non PKH (Program Keluarga Harapan,red) dan non BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai,red),” ujar Kajati Riau Mia Amiati melalui Asintel Raharjo Budi Kisnanto, Selasa (21/4/2020).

Menurut Budi, warga yang menerima itu, diantaranya akibat terdampak virus corona. Seperti mereka yang biasa berjualan di sekolahan. Namun karena wabah Covid-19 dan sekolah telah diliburkan, mereka tak bisa lagi berjualan.

“Misalnya lagi, ada buruh pabrik. Karena Covid, pabriknya tutup, dia tak bisa bekerja. Seperti ini perlu dikasih bantuan,” sambung Budi diruangannya.

Sementara itu, aturan-aturan yang diberlakukan pemerintah ini, hendaknya perlu diawasi secara bersamaan. Kepada calon-calon penerima, Budi mengatakan harus ditetapkan melalui jalur musyawarah desa.

“Perlu diawasi sapa saja yang berhak menerima melalui musyawarah desa. Tujuannya, agar Kades dan pihak lainnya tidak terjerumus dalam masalah hukum. Lalu tak boleh dobel, sudah terima dari PKH, kembali dapat bantuan dana terkait Covid-19,” ingat Budi.

Meski demikian, sejatinya Budi menuturkan bahwa pengawasan ini dapat melalui aplikasi Siskudes atau sistem keuangan desa. Menurut Budi, nantinya disana banyak sekali informasi yang termoditor.

 

Penulis : David
Redaktur : Emy

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com