Sel. Jan 26th, 2021

 

DETIKINDONESIAN.COM|PEKANBARU – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas llA Pekanbaru, rencana akan bagikan masker kepada masyarakat guna pencegahan Covid-19. Masker itu sendiri merupakan hasil kerajinan tangan warga binaan permasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Maizar, Minggu (19/4/2020) sore saat dihubungi detikindonesian.com, mengatakan, pembagian masker ini ada sebanyak 1.000 masker untuk masyarakat di Pekanbaru.

“Masker ini rencananya akan kita bagikan untuk masyarakat Pekanbaru sebanyak 1.000 masker. Upaya ini agar dapat mencegah tertularnya virus Covid-19 di Pekanbaru,” ujar Maizar.

Menurut Maizar, masker itu nantinya akan dibagikan secara gratis terhadap masyarakat Pekanbaru yang melewati Jalan Kapling di depan Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Targetnya, ada 1.000 masker dibagikan.

“Saat ini belum semuanya terkumpul (1.000 masker,red) hanya sekitaran 7.00 masker. Mudah-mudahan dalam dua hari kedepan jelang puasa nanti sudah terkumpul semua dan langsung dibagikan,” kata Maizar.

Masker-masker ini, Maizar mengatakan sebagai bentuk kepedulian pihak Lapas Kelas IIA Pekanbaru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Lebih lanjut, Maizar menyebutkan masker ini hasil kerajinan tangan dari warga binaan permasyarakatan (WBP).

“Masker ini dibuat dari tangan-tangan para narapidana di Lapas yang dididik sehingga menghasilkan semua karya seni yang bernilai tinggi. Juga bisa bermanfaat bagi orang banyak,” kata Maizar.

Maizar menjelaskan, masker buatan narapidana ini dapat dicuci kembali sehingga bisa digunakan berkali-kali. Bahan-bahannya juga terbuat dari kain biasa, ditengahnya diberikan lubang untuk menampung tisu sehingga dapat diganti-ganti.

“Masker ini terbuat dari kain biasa ditengahnya ada lubang untuk tisu. Sehingga saat dicuci tisu tersebut bisa diganti dengan tisu baru,” sebut Mantan Kalapas Nusa Kambangan itu.

Maizar berharap, dengan adanya pembagian masker ini, masyarakat tidak sulit lagi mendapatkan masket untuk melindungi dirinya dari penyebaran Covid-19. Sebelumnya, masker di Pekanbaru sempat sulit didapat adapun harganya yang membubung tinggi.

 

Penulis : David
Redaktur : Emy

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com