Sel. Jan 26th, 2021

 

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU – Seekor Harimau Sumatera yang terjebak dalam jerat dikawasan hutan Teluk Meranti Pelalawan, sudah dalam kondisi membaik. Tim medis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, telah melakukan rehabilitasi kedaerah Pusat Dharmasraya Yayasan Arsari Djojohadikusumo Sumbar, kemaren.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, Selasa (14/4/2020) siang, mengatakan kondisi terakhir kesehatan satwa liar yang diberi nama Corina, sudah membaik dari sebelumnya.

“Corina, kini dapat berjalan dengan menggunakan keempat kakinya. Karena walaupun luka kaki kanan depannya sangat dalam hingga ke tulang, namun tendon tidak putus,” ujarnya.

Corina yang berjenis kelamin betina ini berumur kurang lebih 3 tahun dengan berat 77,8 kilogram, sempat kena jeratan dan melukai kaki kanan bagian depan. Tim medis yang menemukannya langsung evakuasi dan melakukan perawatan pada lukanya.

Hasil pemeriksaan awal, kondisi luka kaki depan kanannya cukup dalam dan lebar dengan tendon masih utuh. Selain itu, juga ditemukan beberapa luka kecil dibagian tubuh lainnya.

“Corina terlihat menjilati lukanya sendiri, ini sifat alami satwa untuk mengobati luka ditubuhnya. Tentu saja injeksi melalui tulup dilakukan oleh Tim medis untuk mempercepat proses penyembuhannya. Selain obat topical yang disemprotkan dengan spray guna membersihkan belatung di lukanya,” terangnya.

Lebih lanjut, kata dia, Corina dipindahkan ke kandang Karantina untuk perawatan intensif 24 jam selama 14 hari kedepan. Kandangnya sendiri berukuran 6 x 12 meter difasilitasi bak air untuk berendam. Lalu kayu untuk bermain dan berbaring.

“Kandang ini juga dilengkali lampu untuk penghangat badan apabila selesai mandi dibak air. Kebersihan dan keamanan kandang terjaga dengan baik selama 24 jam. Semoga proses penyembuhan satwa ini, sesuai harapan dan cepat dilepas liarkan kehabitan aslinya,” tuturnyan.

 

Penulis : Hery
Redaktur : Emy

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com