Ming. Jan 17th, 2021

 

DETIKINDONESIAN.COM|PEKANBARU – Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Pribahasa ini pantas dilakukan disaat-saat pandemi Covid-19 yang tengah dialami disejumlah wilayah Provinsi Riau. Sehinga upaya pencegahannya, pemerintah daerah terus megaklakannya dilingkungan warga.

Menangai hal itu, Oma Saputra salah seorang warga di Prumnas Kelurahan Limbungan Baru Kecamatan Rumbai Pesisir RW 10, mengagas penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dilingkungannya.

“Kalau nunggu Pemerintah mungkin lama, karena banyak yang mau disemprot. Makanya, inisiatif saya menyemprot disinfektan ke rumah warga dilingkungan Prumnas,” ujar Oma kepada detikindonesian.com, Rabu (8/4/2020) sore.

Menurut Ujenk pria yang akrab disapa dilingkungan Prumnas Rumbai ini, bahan-bahan dan cairan untuk penyemprotan disinfektan ini, merupakan ramah lingkungan tidak membahayakan manusia. Sementara itu, alatnya juga ditidak memeberatkan pihak lain, melainkan modal sendiri.

“Ini tahap awal dari rencana pribadi saya, ada puluhan rumah warga yang disemprot tadi. Kedepannya, ini akan berlanjut sampai rumah-rumah warga lainnya dapat merasakan penyemprotan disinfektan ini agar dapat pencegahan Covid-19. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” terang Ujenk.

Terhadap lingkungan, kata Ujenk Prumnas Rumbai ini merupakan perumahan pada penduduknya. Tidak hanya dilingkungan RW 10 saja, melainkan lingkungan RW 12 mendapat imbasnya dalam kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut, tidak ketinggalan juga tempat ibadah.

“Tidak di RW 10 saja, tapi RW 12 juga disemprot. Rumah disini masuk dalam lingkungan padat penduduk. Kalau ada yang kena satu saja, bisa bakal banyak banget yang kena. Tadi tempat ibadah juga kita semprot, itu yang utama kali,” tutur Ujenk.

Lebih lanjut, Ujen mengatakan penyemprotan ini adalah bentuk perhatian khusus terhadap lingkungan perumahan warga RW 10 dan RW 12. Semoga ini upaya untuk menangkal penyebaran Covid-19 di Rumbai.

“Jadi kita sebagai warga juga busa membatu pemerintah dalam membasmi Covid-19. Nanti kita akan koordinasi kembali dengan RT dan RW dan pihak terkait lainnya,” imbuh Ujenk.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Ikatan Pemuda Prumnas Rumbai (IPPR) Hendy Muharman. Dia menuturkan kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan salah seorang pemuda (Ujenk), patut diacungi jempol.

“Saya sangat apresiasi ide cemerlang pemuda Rumbai ini terlebih untuk memajukan dan menyeterahkan warga Prumnas ini. Kegiatan penyemprotan ini sangat dinanti-nanti warga RW 12 dan RW 10, karena memang ini untuk mencegah Covid-19. Kalau bukan kita, sapa lagi,” kata Hendy.

Menurut Mbak Mer yang lebih dikenal warga di Kecamatan Rumbai Pesisir ini, kegiatan tersebut dapat memutuskan mata rantai dari penyebaran Covid-19 dan lebih utamanya. Mbak Mer menuturkan akan lebih baik didukung pihak-pihak terkait lainnya, seperti Ketua RT dan RW setempat.

“Harusnya ini dapat dukungan dari RT dan RW agar kegiatan sosial ini dapat berjalan lancar dan aman sehingga ini dapat dijadikan contoh bagi lainya. Jangan cuma mikirin diri sendiri aja, sekali-kali lihat kebawah masih banyak warga yang ingin mendapatkan perhatian khusus,” terang Mbak Mer.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dan apresiasi dari pemuda tempatan, mereka berharap kedepan dengan adanya ini Covid-19 dapat berakhir dan kembali seperti semula.

 

Penulis : Hery
Redaktur : Emy

 

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com