Rab. Jan 20th, 2021

 

DETIKINDONESIAN.COM|PEKANBARU – Tiga orang tersangka dan satu orang bosnya yang membawa 16 orang TKI ilegal asal Sumut dari Sepang, Malaysia terancam hukuman 15 tahun penjara. Terkait penyelundupan manusia dan Keimigrasian serta penyelidikan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kita akan usut kasusnya kearah Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) nya. Karena, kasus ini jangan berbenti sampai di atas saja, tapi harus sampai ke akarnya,” ungkap Direktur Ditpolairut Polda Riau, Kombes Pol Badarudin, Jumat (3/4/2020) siang.

Badarudin menjelaskan, tersangka yang ditangkap saat membawa 16 TKI ilelag dari Sepang Malaysia ini, ada tiga orang. Satu nahkoda kapal speed boat dan 2 lainnya ABK. Dari hasil pengembangan, ditemukan lagi satu orang tersangka lagi yakni Zamri.

“Zamri ini adalah bosnya penyelundupan TKI ilegal ini. Hasil dari pengembangan tiga orang tersangka pembawa TKI, dia ditangkap didaerah Dumai,” tegas Badarudin yang juga didampingi Kasubdit Gakkum Ditpolairut Polda Riau AKBP Wawan Setyawan.

Menurut Badarudin, kasus pengungkapan TKI ilegal ini, sebisa mungkin diusut sampai keakarnya. Hasil-hasil pelaksanaan ini, pihaknya akan mengetahui sapa saja yang ikut terlibat didalamnya.

“Untuk para tersangka ini, akan disangkakan Undang-Undang RI nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian jo pasal 55 ayat 1 KUHP. Acaman 15 tahun penjara. Nanti akan dikaitkan dengan Undang-Undang Karantina Kesehatan pasal 90, kalau ada memenuhi unsur pidananya,” tutur Badarudin.

Kasus penyelundupan manusia yang berhasil diungkap oleh Ditpolairut Polda Riau terhadap 16 TKI ilegal dari Malaysia di perairan Sungai Dumai, kemaren. Penyidik akan usut sampai tuntas hingga harta kekayaan tersangka. Dari jumlah tersangka ini, satu diantaranya adalah bosnya.

Sebelumnya, Ditpolairut Polda Riau behasil menangkap satu kapal speed boat tampa nama didaerah perairan Sungai Dumai yang membawa 16 TKI ilegal dari Malaysia menuju Dumai, 1 April 2020 lalu.

 

Penulis : Hery
Redaktur : Emy

 

 

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com