Sen. Jan 18th, 2021

DETIKINDONESIAN.COM | PEKANBARU- Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin mendukung provinsi Riau yang telah mendeklarasikan sebagai daerah zona syariah dan provinsi halal. Ma’ruf berharap penetapan zona syariah ini juga diikuti oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H Ma’ruf Amin mengatakan ingin membangun dan mendorong kawasan industri halal diberbagai daerah terutama di Provinsi Riau.

Ia percaya Provinsi Riau yang akan memulai membangun kawasan industri halal tersebut.

“Saya banyak mendengar ramai orang yang ingin berburu kawasan halal di Riau, mulai dari wisatanya, makanannya dan industri halal lainnya,” ujarnya saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIS Suska) Riau, Jum’at (6/3/20).

Baca juga : Eksekusi Lahan 160 Ha Milik Warga Pelalawan Kembali Dipertanyakan

Indonesia merupakan konsumen terbesar di dunia. Namun belum masuk kedalam jajaran produsen halal.

“Kita adalah konsumen terbesar dunia, yang 10 persen konsumsi halal dunia itu adalah Indonesia,” lanjutnya.

Melihat hal itu, ia ingin Indonesia menjadi produsen halal terbesar di dunia dengan cara mengembangkan kawasan industri halal di daerah.

Dikatakan Wapres, Pemerintah Riau telah menunjukkan hasil nyata dalam memajukan kawasan industri halal.

“Saya melihat di Riau sudah ada perbankan syariah. Seperti Bank Riau Kepri Syariah. Ini sangat bagus,” pungkasnya.

Baca juga : Alasan Mau Ambil Uang Kriman Pelaku Bawa Kabur Motor Temannya,Reskrim Polsek Kampar Kiri Bekuk Pelaku

Selain itu, dalam acara tersebut Wapres juga sekaligus meresmikan Masjid Raudhatul Sholihin yang terletak di daerah Bukit Barisan Pekanbaru, dengan melakukan penandatanganan prasasti masjid.

“Pemberian gelar ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atas karya inovatif dari Wapres Ma’ruf Amin, karena telah membawa pencerahan sekaligus mendorong masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Syariah,” kata Rektor UIN Suska, Mujahidin.

Hal serupa juga dilontarkan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar bahwa Provinsi Riau saat ini sedang gencar-gencarnya membangun kawasan industri halal.

Dikatakan Syamsuar, saat ini Pemprov Riau terus berusaha menguatkan pembangunan yang berbasis syariah.

“Kami juga saat ini sedang melakukan program yang sejalan dengan Presiden RI yakni pengembangan destinasi wisata halal yang mana ini telah ditetapkan Menteri Pariwisata sebagai destinasi wisata halal,” terangnya.

Baca juga : Mega Silvia Mella : Penyanyi Berbakat yang Ingin Go Nasional

Selain itu, lanjut Syamsuar, program lainnya pengolaan wakaf dan zakat, pengembangan UMKM Syariah dan Darul Qur’an Center.
“Darul Qur’an Center yang ada di Riau nantinya akan menjadi pusat pembinaan dan kajian Al-Qur’an,” tuturnya.***(DTK|HERY).

By DETIKINDONESIAN.COM

Portal Berita Detikindonesian.com hadir sebagai media alternatif bagi pembaca, sebagai media pemberitaan penyeimbang dengan gaya penulisan dan peliputan lebih kritis, berani dan mencerdaskan serta mengedepankan nilai-nilai kemanusian, dan tulus mengabdi kepada kepentingan publik. Detikindonesian.com merupakan media siber di bawah naungan PT Media Detik Indonesian.Yang berpusat di Kota Pekanbaru dan Bekasi. Detikindonesian.com saat ini dalam proses verifikasi administrasi Dewan Pers dan sedang dalam tahap akhir proses verifikasi.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com